Melihat Singa di Alamnya: Natal Lion Park, Camperdown Natal Midlands, Afrika Selatan

Satu Pasang Singa Tengah Bereproduksi. (Foto: AWS)


R U Travelers? Kurang lengkap kalau traveling ke Benua Afrika tidak melihat singa di alamnya. Itu yang kami rasakan. Jauh terbang ke Kota Durban di Afrika Selatan. Bisa dibilang, Kota Durban Rio-nya Afrika. Kota ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan cantik. Pasir nan lembut dan ombak yang bersahabat tempat yang paling pas untuk berlibur ke pantai.


Karena itu, Kota Durban menjadi satu di antara tempat yang menarik dikunjungi oleh turis mancanegara dan domestik Afrika Selatan sendiri. Daya tarik utamanya yah pantai.

Meski indah, kita tetap mencari tahu, kemungkinan melakukan perjalanan satu hari melihat singa di alamnya. Ibu pemilik rumah tempat kami tinggal mengetahui kalau kami ingin sekali melihat singa di alamnya. Satu pagi, dia menawarkan diri mengajak kami ke Natal Lion Park. 

Cuddle Time. (Foto:AWS)
"Besok, kita perlu berangkat pagi agar tiba di sana lebih awal. Jaraknya 60 KM, jadi cukup jauh juga dan nyaman kalau tiba masih pagi karena belum terlalu panas," kata si Ibu. "Siapa takut," kata kita. Dan tentu saja, ucapan terimakasih karena udah ditemenin dan gratis lagi. Siapa yang tidak mau yah Travelers!

Si Ibu bilang,"saya jarang mendapat tamu dari Indonesia. Jadinya saya senang sekali. Jarang sekali bisa berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia di rumah." "Ayo, kita jalan-jalan dan lagian saya sudah lama tidak traveling keluar Kota Durban," kata Si Ibu lebih jauh.

Natal Lion Park tujuan kami. Dan sesuai dengan judul puluhan singa bisa dijumpai. Kita cukup beruntung melihat sepasang singa tengah berhubungan badan. Heboh. Semua yang pegang kamera di mobil berkali-kali mengambil foto. Saya satu diantaranya. Dan sebenarnya kami memiliki foto-foto singa tengah berhubungan badan yang lebih vulgar tapi foto di atas punya nilai artistik yang lebih oke. 

Kawanan Zebra. (Foto:AWS)
Beragam tingkah singa bisa kita lihat. Singa laki dan perempuan asyik malas-malasan di bawah pohon. Mereka merasa tak terganggu dengan mobil yang berjalan pelan. Sudah terbiasa dan makanan cukup diberikan oleh si pengelola. Barangkali. Jika tidak, singa-singa tersebut pasti galak dan agresif ke pengunjung.

Setelah asyik melihat-lihat singa di alamnya. Kita pun keluar dari "Natal Lion Park". Tidak beberapa jauh, kami berhenti di satu lapangan rumput yang luas dan melihat zebra tengah asyik memakan rumput. Sebagian kecil lagi tengah asyik bermain.

Kita pun serentak meminta tolong bisa mendekat dan keluar untuk melihat dari dekat zebra-zebra tersebut dari dekat. Kapan lagi bisa melihat zebra di alam-nya. Binatang dengan garis hitam putih berada di tengah rumput luas menjadikan satu gambar yang sempurna. Alam liar Afrika. 

Hitam Putih. Foto AWS
Tips Bagi Travelers

Tips Pertama: Kota Durban, satu di antara tiga kota di Afrika Selatan yang paling dikenal oleh para pelancong. Dua lainnya Johannesburg dan Cape Town. Jadi, kalau ada waktu dan uang, kunjungi tiga kota ini.

Tips Kedua: Jika hanya ke Durban, Travelers bisa berkunjung ke Natal Lion Park. Bentang alamnya sangat indah, selain koleksi binatang endemik Afrika juga cukup lengkap. Lihat http://showme.co.za/tourism/natal-lion-park-camperdown-natal-midlands-kwazulu-natal/

Tips Ketiga: sewa mobil lebih baik agar bisa lebih leluasa jalan-jalannya. Lebih baik lagi kalau ada yang mengajak dan gratis lagi :)  

Tips Keempat:pelajari beda singa jantan dan singa perempuan. Singa jantan berambut sementara singa perempuan tidak. Beda gajah jantan dan gajah betina. Gajah jantan memiliki gading sementara gajah perempuan tidak. Kalaupun ada, gadingnya hanya kecil.       

Gajah Afrika. (Foto:AWS)




     



























Labels: , , , ,