Menjajal Jeram Sungai Citarik Sukabumi

Foto: Arus Liar, Sungai Citarik Sukabumi
R U Travelers? Bagaimana rasanya ketika Travelers berteriak tiada henti namun suara digulung suara riam yang datang silih berganti? Lega sekali Travelers. Kalau ada penat di kepala dan tidak mau dibilang gila karena teriak-teriak sendiri, arung jeram pilihan yang tepat. 

Cobalah berarung jeram di Sungai Citarik Sukabumi. Dijamin Travelers tidak akan merasa rugi bahkan bilang kepada diri, mengapa tidak dari dulu berarung jeram? Mengapa baru sekarang?

Itu yang kami rasakan. Jeram Sungai Citarik luar biasa memacu andrenalin kita. Setiap kali memasuki jeram, kami-pun disuruh awas dan diminta untuk mendayung lebih cepat. Sungguh menegangkan. 

Masuk ke Jeram-Foto: Arus Liar
Kami pilih Arus Liar, operator yang menjadi pemandu kami mengarunggi jeram di Sungai Citarik. Sangat berpengalaman dan perintis usaha Arum Jeram di Indonesia. Karena dedikasi mereka, semua orang kini bisa merasakan wisata arum jeram. 

Bagi pemula dan ingin mengetahui apakah arung jeram "my new hobby" coba ambil paket 5 KM. Tapi bagi yang maniak, ambil aja paket 9 KM, 13 KM atau 17 KM. Dijamin puas. 

Travelers, 1 satu jam di sungai tak terasa. Tiba-tiba pengurangan berakhir padahal Travelers masih belum terpuaskan. Berbagai grade dan jenis jeram ditemui di Sungai Citarik. Mulai paling ganas pun ada di sana. 

Foto: Arus Liar
Sebelum turun ke sungai, Travelers akan diberikan pelatihan singkat. Pengenalan alat, mulai dari dayung sampai dengan perahu karet yang dipergunakan. 

Guide kita akan mengajari cara memegang dayung dan mempergunakannya di jeram. Teknik berenang bila kita terlempar dari perahu diajarkan. Lumayan tambah pengetahuan.

Beberapa titik, kita boleh bermain-main di sungai. Berenang untuk menikmati sejuknya air Sungai Citarik. Diujung perjalanan, Travelers akan dimanjakan dengan air kelapa muda. Enak sekali. 

Sungai Citarik diambil dari Resort Arus Liar. Foto: Abdul Wahib Situmorang 
Ketika pulang ke basecamp Travelers akan dimanjakan dengan hamparan sawah dan pepohonan. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Rasanya ingin terus berarung jeram.

Tips untuk Travelers

Pertama, bila ingin mengambil one day trip, Travelers harus jalan pagi sekali dari Jakarta karena butuh 3-4 jam tiba di lokasi. Jadwal pengarungan mulai dari jam 8, jam 10 dan jam 12 siang. Panduan jalan cukup jelas dan gunakan google map Travelers. 

Lebih bagus menginap satu malam di resort Arus Liar. Tempatnya asyik dan Travelers akan dimanjakan dengan suara air sungai. Malam hari, Travelers bisa menikmati masakan khas sunda.  

Kedua, bawa pakaian ganti dan masukan ke dalam dry bag kecil. Jangan lupa kaca mata hitam, tabir surya dan sandal. 

Ketiga, biaya arung jeram sudah termasuk dengan asuransi dan sertifikat. Jangan lupa beli oleh-oleh baju kaos di sana. Lumayan buat kenang-kenangan. 

Selamat mencoba Travelers.   



     



Labels: , ,